Home ยป Review Aplikasi BIONS BNI Sekuritas, Responsif dengan Finger Print Login

Review Aplikasi BIONS BNI Sekuritas, Responsif dengan Finger Print Login

bions bni sekuritas

BIONS adalah aplikasi investasi pasar modal dari BNI Sekuritas. BIONS merupakan singkatan dari BNI Sekuritas Innovative Online Trading System.

Dari namanya, sudah kelihatan ya bahwa BIONS dikembangkan oleh salah satu bank pelat merah Indonesia yaitu BNI.

BIONS sendiri adalah pengembangan sistem trading paling mutakhir dari BNI sekuritas. Cikal bakalnya, pada masa awal menggarap online trading di tahun 2007, BNI sekuritas menggunakan remote trading e-Smart.

Bagi yang belum tahu, remote trading adalah cara bertransaksi efek jarak jauh melalui kantor perwakilan broker.

Tahun  2014 BNI Sekuritas meluncurkan aplikasi Zaisan yaitu aplikasi online trading yang berbasis web yang dapat melayani transaksi jual beli saham serta reksa dana.

Seiring dengan perkembangan teknologi digital berbasis handphone, BNI sekuritas lalu meluncurkan aplikasi BIONS yang kini banyak digunakan nasabah BNI Sekuritas.

Dengan satu aplikasi BIONS, pengguna dapat melakukan transaksi saham, obligasi dan reksadana. Saat ini aplikasi BIONS tersedia dalam versi Android dan IOS yang dapat diunduh pada Play Store & App Store.

Baca juga: Value Investing, Strategi Investasi Saham Paling Santai dan Cuan

1. Keunggulan BIONS BNI Sekuritas

Ada beberapa keunggulan yang saya sukai dari aplikasi BIONS BNI Sekuritas yang belum saya temukan pada beberapa aplikasi trading yang saya gunakan sebelumnya.

1. Tampilan Interface User Friendly.

Baik di tampilan versi handphone ataupun versi web, BIONS menyajikan data dengan tampilan yang rapi dan ramah pengguna. Data-data yang ditampilkan tidak terlalu ramai seperti aplikasi trading pada umumnya melainkan hanya beberapa menu penting.

Pada versi handphone, di beranda BIONS hanya ditampilkan fitur stock rank, watchlist, screener, dan highlight. Keempat fitur ini adalah yang biasanya paling banyak dipakai oleh pengguna secara cepat.

Secara pribadi saya menyukai tampilan yang simple seperti ini. Kalaupun membutuhkan data-data lain, pengguna dapat mengeksporasi secara lengkap pada tab menu.

Apakah hanya BIONS aplikasi trading saham yg user friendly? Tidak juga. Ada aplikasi lain yg tampilannya juga sangat keren.

2. Ada Fitur Watchlist Notes

Jika sedang memantau sebuah saham, saya biasanya mencatat data-data hasil analisis sendiri tentang saham tersebut. Misalnya titik beli, target jual, harga wajar, dll.

Nah, di BIONS ada fitur watchlist notes untuk membuat catatan-catatan pada saham yang ada di watchlist pengguna.

Bagi saya, fitur watchlist notes ini sangat membantu. Dan fitur ini tidak saya jumpai pada aplikasi trading saham saya yang lain.

3. Ada Fitur Finger Print Login

Akses cepat ke aplikasi adalah salah satu hal yang penting dalam transaksi saham. Apalagi untuk kegiatan online trading yang mesti lebih sering memantau kondisi pasar.

Beberapa aplikasi sekuritas, masih menggunakan cara login dengan memasukkan username, password, ataupun nomor pin. Cara ini menurut saya sudah jadul di jaman seperti sekarang.

Di BIONS BNI Sekuritas, pengguna bisa mengakses aplikasi dengan fitur finger print login alias sidik jadi. Hanya dengen menggesek sidik jari saja, aplikasi BIONS segera terbuka hanya dalam beberapa detik.

2. Cara Daftar BNI Sekuritas Online

Untuk menggunakan aplikasi BIONS, Anda harus memiliki akun rekening sekuritas di BNI Sekuritas. Jika sudah terdaftar, maka Anda bisa login di aplikasi trading BNI Sekuritas manapun.

Bagaimana cara membuka rekening sekuritas di BNI Sekuritas?

Sebelum mendaftar, siapkan beberapa dokumen yang menjadi syarat membuka rekening sekuritas berikut ini.

  1. Foto e-KTP
  2. Foto NPWP
  3. Data rekening BNI aktif atas nama sendiri

Setelah data tersebut lengkap, ikuti step by step pendaftaran berikut ini untuk melakukan registrasi secara full online.

  1. Buka halaman registrasi BNI Sekuritas disini.
  2. Isi data dengan lengkap dan benar, lalu kirim.
  3. Anda akan diverifikasi oleh tim BNI Sekuritas
  4. Jika berhasil, BNI Sekuritas akan mengirimkan konfirmasi pembukaan rekening melalui email.
  5. BNI Sekuritas akan mengirimkan username dan password untuk login di aplikasi BIONS
  6. Download aplikasi BIONS di handphone atau laptop Anda
  7. Login di BIONS

Jika sudah berhasil login, artinya Anda sudah berhasil melakukan registrasi rekening BNI Sekuritas. Selanjutnya Anda dapat mulai bertransaksi efek di aplikasi BIONS.

Baca juga: Cara Melihat Total Portofolio Saham di KSEI

3. Biaya Transaksi BNI Sekuritas

Seperti halnya broker atau perusahaan sekuritas lain, BIONS BNI Sekuritas juga menetapkan biaya transaksi atau transaction fee untuk setiap pembelian ataupun penjualan saham. Besarnya transaction fee di BIONS adalah sebagai berikut.

1. Fee Beli / Buy Fee

Untuk setiap transaksi pembelian saham online, BIONS menetapkan biaya sebesar 0,17% dari nilai transaksi.

2. Fee Jual / Sell Fee

Untuk setiap transaksi penjualan saham online, BIONS menetapkan biaya sebesar 0,27% dari nilai transaksi.

Apakah transaction fee BIONS tergolong mahal atau murah?

Well, jika dibandingkan dengan dua sekuritas yang pernah saya gunakan, maka transaction fee BIONS ini bisa digolongkan murah. Namun, ada sekuritas lain yang menawarkan transaction fee lebih murah lagi.

5. Review BIONS BNI Sekuritas

Dari beberapa fakta aplikasi BIONS BNI Sekuritas diatas serta pengalaman saya sebagai pengguna selama hampir satu tahun, apakah aplikasi ini bagus atau tidak?

Bagi saya sangat bagus dan memuaskan. Loginnya gampang dan responsif, user interface yang ramah, transaction fee yang murah, dan menu yang lengkap jadi alasan utamanya.

Disamping itu, BNI Sekuritas adalah broker pelat merah yang selalu masuk dalam 10 besar sekuritas dengan transaksi terbanyak.

Baca juga: 5 Jurus Investasi Reksadana Online Menguntungkan

6. Penutup

Saya merekomendasikan aplikasi BIONS dari BNI Sekuritas untuk jadi salah satu pilihan aplikasi Anda dalam berinvestasi ataupun trading saham online.

Proses pendaftaran rekening BNI sekuritas sangat mudah dan bisa dilakukan secara full online. Apalagi jika Anda sudah memiliki rekening BNI biasa sebelumnya, maka tinggal selangkah saja Anda sudah bisa login di aplikasi BIONS.

Anyway, apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan aplikasi BIONS? Sampaikan di kolom komentar ya.

Diskusi