Home » 5 Influencer Saham Paling Inspiratif di Indonesia

5 Influencer Saham Paling Inspiratif di Indonesia

influencer saham

Influencer saham mengambil peran signifikan dalam pertambahan jumlah investor pasar modal tahun 2021. Seperti yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah SID (Single Investor Identification) mencapai angka 6,1 juta investor dimana 2,6 juta diantaranya adalah investor saham.

Saat ini, sosial media memang berpengaruh sangat besar terhadap suatu perubahan lingkungan. Seorang influencer yang memiliki pengikut banyak di sosial media, memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti idenya.

Di dunia pasar modal, kini banyak influencer yang mengajak dan mengedukasi pengikutnya untuk berinvestasi saham. Namun, kehadiran para influencer saham ini ternyata bagai dua sisi mata pisau. Ada baiknya dan tak sedikit juga dampak buruknya.

Sisi baiknya, dalam setahun terakhir, investor pasar modal Indonesia meningkat tajam. Selain dipengaruhi pandemi Covid 19, tentu saja pengaruh para influencer ini adalah penyebabnya. Dengan jumlah investor yang makin banyak akan membawa iklim investasi yang segar bagi pasar modal kita.

Lalu apa dampak buruknya? Banyak orang, terutama generasi milenial, yang langsung nyemplung jadi investor pasar modal karena terpengaruh ajakan para influencer saham, tanpa berbekal pengetahuan yang cukup.

Sementara, kita tahu bahwa pasar modal adalah instrumen investasi yang beresiko besar. Terlibat di investasi pasar modal tanpa pemahaman yang jelas bisa membawa kerugian bagi investor.

Nah, dari sekian banyak influencer saham yang saat ini aktif di media sosial, berikut ini saya rangkum 5 influencer saham yang menurut saya paling inspiratif di Indonesia.

Baca juga: Value Investing, Strategi Investasi Saham Paling Santai dan Cuan

1. Ellen May

Ellen May adalah seorang investor wanita yang populer di sosial media. Ia adalah founder sekaligus CEO dari Emtrade, salah satu starup investasi saham yang saat ini memiliki banyak pengguna.

Melalui Emtrade, Ellen May rutin mengedukasi pengikutnya tentang cara menjadi investor yang baik untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi saham. Ia memiliki 301 ribu pengikut di Instagram.

Selain mengembangkan Emtrade, Ellen May juga menulis buku tentang investasi dan beberapa bukunya bisa ditemukan di toko-toko buku.

Dari pengamatan saya, Ellen May menganut strategi growth investing, dimana ia mengincar saham-saham yang memiliki prospek cerah.

2. Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan adalah seorang investor senior di Indonesia. Melalui websitenya, Pak Rivan rutin mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi pasar modal dengan cerdas.

Pak Rivan mengusung strategi value investor dalam berinvestasi saham. Ia memulai perjalanan investasi sejak tahun 2008.

Sebelum menjadi full time investor di tahun 2016, Pak Rivan sempat merintis karir profesional selama kurang lebih 10 tahun di beberapa perusahaan nasional dan multinasional.

Pak Rivan mendirikan PT Indovesta Utama Mandiri sebagai kendaraan investasi dan edukasi kepada masyarakat Indonesia. Beliau juga aktif menulis dan telah melahirkan beberapa buku tentang investasi saham.

3. Felicia Putri Tjiasaka

Felicia Putri Tjisaka merupakan seorang gadis muda kelahiran 25 Oktober 1995. Ia dikenal publik karena kerap membagikan konten seputar investasi dan keuangan melalui sosial media miliknya.

Belakangan, Felicia menyebut dirinya sebagai seorang ‘investment storyteller‘, yang mana ia mengedukasi masyarakat tentang keuangan dan investasi pasar modal dengan cara bercerita melalui kanal youtube dan instagramnya.

Sampai hari ini, Felicia memiliki 311 rb pengikut di Instagram dan kanal youtubenya telah di subscribe oleh 509 orang. Jumlah ini lebih dari cukup untuk menjadi influencer yang berpengaruh.

4. Teguh Hidayat

Teguh Hidayat adalah influencer saham idola saya. Beliau adalah seorang senior investor yang mengedukasi tentang investasi saham dengan bahasa yang sederhana dan gampang dipahami.

Pak Teguh lahir di Cirebon, Jawa Barat, tahun 1986. Beliau menamatkan pendidikan formal terakhirnya pada tahun 2008 di Jurusan Statistika, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Sama seperti Rivan Kurniawan, Pak Teguh juga memulai karir di dunia investasi pasar modal sebagai profesional. Beliau menjadi analis saham khusus fundamental untuk sebuah perusahaan riset pasar modal independen pada tahun 2009.

Baru pada awal tahun 2012, Pak Teguh memutuskan keluar dari perusahaan agar bisa fokus pada kegiatan investasi secara mandiri. Pada tahun 2014 beliau mendirikan PT Avere Mitra Investama sebagai kendaraan investasi yang mengelola dana miliknya sendiri.

Konsistensi Pak Teguh mengedukasi publik tentang investasi dibuktikan melalui blog pribadi beliau, Indonesia Value Investing. Sejak tahun 2010, blog tersebut rutin mempublikasikan ulasan tentang kondisi pasar modal dari sudut pandang beliau sendiri sebagai profesional yang berpengalaman.

Dari blog tersebut, kita tahu bahwa Pak Teguh juga memegang teguh prinsip value investing dalam langkah investasinya.

Anyway, saya pertama kali ‘menemukan’ Pak Teguh setelah saya membeli buku berjudul ‘Value Investing, Beat The Market in Five Minutes’. Buku dari Pak Teguh tersebut sedikit banyak telah membuka lebih lapang sudut pandang saya tentang investasi saham.

Sampai hari ini, saya telah berlangganan dan tak pernah ketinggalan ulasan-ulasan terbaru dari blog Pak Teguh.

Baca juga: Review Aplikasi BIONS BNI Sekuritas, Responsif dengan Finger Print Login

5. Timothy Ronald

Timothy Ronald adalah influencer saham idola anak muda milenial. Bahkan saya yang sudah bukan milenial pun rajin mengikuti sepak terjangnya di sosial media.

Tim, sapaan akrabnya, adalah investor saham yang banyak menginspirasi anak muda. Bagaimana tidak, di usia yang baru 20 tahun ia sudah sukses menjadi miliarder dengan berinvestasi saham sejak berusia 16 tahun.

Tim mengumumkan cita-cita yang mulia. Ia ingin mencetak 10 juta investor baru di Indonesia. Ia tampaknya resah dengan sangat minimnya masyarakat Indonesia yang menjadi investor pasar modal.

Untuk mendukung cita-citanya, Tim mendirikan startup edukasi saham bernama Ternak Uang, bersama-sama dengan Felicia Putri Tjiasaka dan seorang temannya bernama Raymond Chin. Aplikasi Ternak Uang sampai hari ini sudah memiliki sekitar 400 ribu pengguna.

Pada beberapa kesempatan, Tim berhasil ‘menginterogasi’ Bapak Sandiaga Uno, mengeruk ilmu dan strateginya berinvestasi saham. Kita tahu bahwa Bang Sandi adalah salah satu orang yang mengumpulkan pundi kekayaannya dari investasi saham.

6. Penutup

Itulah 5 influencer saham yang paling inspiratif menurut saya. Kelima influencer saham ini memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk mengedukasi masyarakat tentang investasi pasar modal dengan baik.

Kita sebagai masyarakat umum, apalagi yang masih awam tentang pasar modal, mesti berhati-hati memilih influencer yang bisa jadi tempat belajar. Lihat baik-baik track record dan kompetensi mereka sebelumnya.

Jangan sampai, ya jangan sampai, alih-alih mendapatkan keuntungan investasi yang diimpikan, influencer saham malah menjebak Anda kedalam keputusan investasi yang salah dan membawa pada kerugian yang mendalam.

Diskusi