Lompat ke konten
Home » Cara Melihat Harga Batubara Dunia

Cara Melihat Harga Batubara Dunia

cara melihat harga batubara dunia

Jika Anda suka membeli saham-saham komoditi seperti batu bara, tentunya Anda sudah tahu bahwa harga saham-saham batu bara sangat dipengaruhi oleh harga komiditi tersebut di pasar internasional. Nah, bagaimana cara melihat harga batubara dunia secara update?

Pada awal Maret 2022 bulan lalu, harga batu bara dunia (Newcastle Coal Future Price) naik gila-gilaan ke harga 422 USD/T. Harga ini adalah harga all time high batu bara dunia. Kenaikan ini di picu oleh invasi Rusia ke Ukraina yang membatasi ketersediaan batu bara dimana kita tahu bahwa Rusia adalah salah satu penyedia batu bara.

Imbasnya ke pasar saham bagaimana? Saham-saham batu bara juga langsung melompat naik lagi dengan cepat. ADRO, ITMG, MBAP, PTBA, dan kawan-kawan naik signifikan meski di bulan September tahun lalu juga sudah naik cukup tinggi.

Meski para emiten ini belum menyampaikan laporan keuangan pada kuartal tesebut, namun para investor nampaknya sudah tahu bahwa pasti para emiten batu bara ini akan kembali cuan besar.

Baca juga: Cara Melihat Keseluruhan Portofolio Saham di KSEI

Well, jadi bagaimana cara kita sebagai investor mengecek harga batu bara dunia secara update dan valid? Berikut ini adalah beberapa website yang menyediakan data harga komoditi dunia, termasuk batu bara. Check this out!

1. Trading Economics

Trading Economics adalah penyedia data ekonomi dunia andalan saya. Mulai dari pergerakan mata uang, bursa efek negara-negara di dunia, harga komoditi, mata uang kripto, sampai hari-hari libur negara lain, semua ada di website ini.

Harga komoditi termasuk batu-bara di Trading Economics adalah salah satu yang ter update dan valid. Anda tentunya bisa menjadikan website ini sebagai referensi investasi.

cara melihat harga batubara dunia

Oke bagaimana cara melihat harga batubara dunia di Trading Economics? Ikuti step berikut ini:

  1. Akses website tradingeconomics.com
  2. Sorot menu ‘Market’ lalu klik sub menu ‘Commodities’
  3. Pada tabel nama komoditi, klik ‘Coal’
  4. Akan muncul grafik harga batu bara global yang Anda butuhkan

Pada grafik tersebut Anda bisa memilih time frame grafik, rentan waktu, serta bentuk penyajian grafik. Cukup lengkap dan informatif bagi saya.

2. Investing.com

Sama dengan Trading Economics, Investing.com adalah website finansial yang berisi data ekonomi dunia. Sama lengkapnya menurut saya.

cara melihat harga batubara dunia

Nah, untuk melihat harga batu bara global di Investing.com, Anda bisa mengikuti step berikut ini:

  1. Akses website investing.com.
  2. Berhubung menu komoditi di Investing.com sangat banyak dan batu bara biasanya susah ditemukan, maka langsung saja ketik saja di pencarian: Newcastle Coal Futures, lalu Enter.
  3. Akan muncul data harga batu-bara yang lengkap dengan grafik.

Ohiya, website Investing.com ini ada yang versi Indonesia ya, situsnya id.investing.com. Isinya sama saja, hanya gahasanya yang berbeda. Saya sendiri lebih menyukai yang versi bahasa Inggris.

Baca juga: Cara Melihat Harga Saham di Yahoo Finance

3. CNBC Indonesia

Website berikutnya yang menyediakan data harga batu bara dunia adalah CNBC Indonesia. CNBC Indonesia adalah website ekonomi finansial yang populer di Indonesia. Website ini menyajikan ragam menu perkembangan ekonomi yang bisa menjadi referensi Anda sehari-hari, termasuk harga-harga komoditi.

cara melihat harga batubara dunia

Nah, cara melihat harga batu bara di website CNBC Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Akses website CNBC Indonesia.
  2. Klik ‘Lihat Semua’ pada menu ‘Market Data’ di pojok atas.
  3. Klik menu ‘Commodities’
  4. Pilih ‘Batu bara Newcastle’ di tabel daftar komoditi
  5. Akan muncul grafik harga batu bara global yang Anda butuhkan

Grafik harga komoditi di CNBC Indonesia ini juga bisa kia pilih time frame grafiknya, dan bisa di ubah menjadi bentuk candle stick sesuai selera Anda.

Baca juga: 4 Cara Cuan Konsisten dari Dividen Saham

4. Penutup

Itulah cara melihat harga batubara dunia secara online melalui beberapa website. Mudah dan simpel bukan? Jangan khawatir, tiga website di atas buka website abal-abal. Mereka adalah website ekonomi yang kredibel dan telah menjadi referensi banyak investor di seluruh dunia.

Dari ketiganya mana yang paling sering saya gunakan? Saya lebih menyukai Trading Economics, sebab tampilannya sederhana dan navigasinya mudah.

Sekali lagi, jika Anda suka membeli saham-saham batu bara, maka pastikan Anda rajin mengecek harga batu bara global ya. Karena naik turunnya saham batu bara sangat dipengaruhi oleh pergerakan harga komoditi tersebut di pasar dunia.

Well, saham batu bara apa saja yang Anda sukai? Bisik-bisik di kolom komentar ya? Happy Investing!

Diskusi

error: Content is protected !!